Kamis 12 Mar 2015 12:40 WIB

Jofom, Aplikasi Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA-SMK

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Jofom
Jofom

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan penyedia informasi lowongan kerja online jobstreet.com resmi meluncurkan aplikasi Jofom, Kamis (12/3). Jofom merupakan lowongan kerja bidang informal dan untuk lulusan sekolah menengah atas (SMA)/sekolah menengah kejuruan (SMK) sederajat.

“Jofom hadir untuk memenuhi kebutuhan aplikasi kerja sektor informal dan lulusan sekolah menengah,”  kata Regional Head Corporate Communication Jobstreet.com, Simon si Thean Chou saat pembukaan acara peluncuran Jofom, di Jakarta, Kamis (12/3).

Dia menyebutkan, jumlah angkatan kerja yang lulus SMA saat ini sekitar 19 juta orang dan 11 juta orang alumnus sekolah vokasi.

Berdasarkan data Badan Usat Statistik (BPS) per Agustus 2014, jumlah pengangguran sebanyak 5,7 persen atau 7.244.905 orang dari 125,3 juta angkatan kerja secara keseluruhan. Ironisnya, jumlah pengangguran terbuka alumnus SMA merupakan kelompok yang terbanyak menjadi pengangguran yaitu sebanyak 3.295.307 juta orang. Pihaknya optimistis aplikasi ini memiliki potensi karena ada 73 juta masyarakat Indonesia yang menggunakan internet (online).

Sementara itu, Country Manager jobstreet.com Faridah Lim menambahkan, aplikasi Jofom ini pertama kali di Indonesia menyediakan lowongan khusus lulusan SMA, SMK dan sektor informal. Aplikasi ini diklaimnya sangat mudah untuk diakses dan pelamar tidak dipungut biaya sepeser pun.

“Bagi pelamar yang ingin mencoba aplikasi ini bisa mengetik JOFOM di Google Play Store, kemudian pilih install. Setelah berhasil unduh dan instal aplikasi ini, maka Anda diminta untuk mencantumkan nomor ponsel anda yang valid untuk mendapatkan pesan singkat kode verifikasi,” katanya.

Setelah itu, pelamar diminta mencantumkan kode yang sudah didapatkan pada aplikasi Jofom kemudian pilih lanjut. Setelah itu pelamar dapat melihat detil informasi lowongan kerja, lokasi, dan gaji yang ditawarkan untuk posisi yang diinginkan.

Proses terakhir bagi pencari kerja adalah dapat langsung menghubungi perusahaan untuk melakukan wawancara singkat dan mendapatkan jadwal untuk interview lebih lanjut. Pelamar, kemudian bisa langsung menelpon perusahaan untuk melakukan wawancara singkat dan mendapatkan jadwal interview lebih lanjut.

“Dalam lowongan ini juga dicantumkan gaji yang ditawarkan. Sehingga, pelamar bisa mengetahui apakah gaji yang mereka inginkan sesuai dengan yang ditawarkan,” ujarnya.

Aplikasi ini diklaimnya memiliki tingkat kesuksesan lebih tinggi. Karena, lowongan kerja yang ada di Jofom tidak hanya untuk kualifikasi lulusan SMA maupun SMK melainkan juga bidang informal seperti baby sitter, pekerja rumah tangga, sales promotion girl (SPG), customer service (CS) hingga pekerja rumah tangga (PRT).

Saat ini, kata dia, Jofom masih menjangkau wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) dan Provinsi Jawa Barat. Hingga akhir tahun ini pihaknya masih menargetkan menguasai area Jabodetabek dan Jabar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement