Selasa 03 Mar 2015 14:49 WIB

Peneliti Temukan WiFi Berkecepatan 1 Tera per Detik

Super Wifi
Foto: IST
Super Wifi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Peneliti telah menemukan teknologi wireless dengan kecepatan 1 Tb (1000 gigabyte) per detik. Kecepatan ini cukup untuk men-download 10 film dalam waktu satu detik. Peneliti di Universitas Surrey, Inggris telah menemukan wireless yang mencapai kecepatan 5G dari 1 Terabit per detik (Tbs). 5G atau internet generasi kelima, pada waktunya akan menggantikan teknologi 4G yang ada saat ini. Pada teknologi 4G, kecepatan maksimal baru mencapai 5Mps. ALhasil, teknologi 5G ini diperkirakan akan merevolusi manusia menggunakan perangkat mobule.

Sebelumnya, para ahli telah memperkirakan kecepatan 50 Gpps akan dicapai pada jaringan 5G. Namun, peneliti dari Pusat Inovasi Universitas Surrey 5G sudah membantahkan hipotesa ini. "Kami telah mengembangkan lebih dari 10 terobosan teknologi," ujar Rahim Tafazolli seperti dikutip laman Sciencealert.

Tahun lalu, penyedia jasa internet di AS telah meluncurkan rumah internet tercepat dengan kekuatan 10 Gbps. Artinya, temuan baru ini bahkan 100 kali lebih cepat dari jaringan internet tercepat yang sudah ada. Dengan internet secepat ini memungkinkan pengguna mengundduh 100 film sekaligus streaming beberapa acara televisi sekaligus. 

Sayangnya, teknologi ini masih cukup jauh dari implementasi. Pengujian di laboratorium ini baru dilakukan dalam jarak 100 meter dengan menggunakan pemancar yang dibuat di kampus tersebut. Saat ini, tim sedang bekerja untuk menyambungkan jaringan ke luar laboratorium. Targetnya, penelitian ini akan berjalan selama dua tahun. Jika berhasil, pada tahun 2018 diharapkan teknologi baru ini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement