Ahad 01 Mar 2015 12:04 WIB

Robot ini Bantu Masyarakat Hadapi Masa Tua

Robot Robear yang akan menjalankan fungsi sebagai perawat.
Foto: itproportal
Robot Robear yang akan menjalankan fungsi sebagai perawat.

REPUBLIKA.CO.ID, NAGOYA -- Populasi di Jepang semakin menua. Artinya, dalam beberapa deade mendatang akan semakin banyak orang yang memerlukan perawatan. Robot perawat menjaid salah satu jawaban mengatasi populasi yang semakin tua.

Riken dan Sumitomo Riko Company Limited, perusahaan elektronik yang berbasis di jepang mengembangkan Robear, robot perawat. Robear merupakan robot yang menggabungkan teknik mutahir dan desain yang aman. Desain yang aman artinya, wajah robot ini sedap dipandang mata.

Dikutip dari laman itproportal, Robear merupakan penyempurnaan robot Riken untuk bantuan tubuh seri pertama dan kedua. Seri pertama telah diresmikan tahun 2009 dan seri kedua diresmikan tahun 2011. Robot ini dikembangkan di Nagoya. 

Tugas utama Robear adalah mengangkat pasien dari tempat tidur mereka. Pasien akan diangkat menuju kursi roda. Semakin tua, bukan tidak mungkin aktivitas ini dilakukan selama seratus kali dalam sehari sehingga keberadaan robot ini akan sangat membantu. RObot ini dirancang dengan struktur kuat namun mampu bersikap lembut terhadap orang tua.

"Kami berharap robot ini akan membawa kemajuan dalam perawatan dan mengurangi beban perawatan," ujar Toshiharu Mukai, pemimpin peneliti robot ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement