Ahad 15 Feb 2015 06:14 WIB

Tips Agar Ponsel Tetap Menyala Ketika Listrik Padam

Rep: C78/ Red: Indah Wulandari
Street Charger berdiri di Taman Fort Greene, Brooklyn, Kota New York, AS.
Foto: PENSA
Street Charger berdiri di Taman Fort Greene, Brooklyn, Kota New York, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika manusia masa kini telah bergantung pada gadget, listrik menjadi faktor penting agar menjaganya tetap menyala. Namun, di musim hujan saat ini, listrik kerap padam akibat gangguan cuaca.

Berikut tips untuk menjaga ponsel tetap menyala ketika listrik padam:

Pertama-tama, merujuk pada kesiapsiagaan dalam kondisi darurat, selalu pastikan pengisi daya mobile atau lebih dikenal dengan power bank dalam kondisi terisi penuh. Jika baterai ponsel masih dapat dilepas, siapkan pula baterai cadangan.

Untuk kebutuhan berkomunikasi dalam kondisi darurat, utamakan penggunaan pesan teks atau SMS dibanding panggilan suara. Selain karena lebih sedikit mengonsumsi daya, pesan singkat juga lebih jarang mengalami masalah dalam kondisi darurat seperti saat mati lampu.

Batasilah penggunaan panggilan atau pengiriman SMS hanya untuk kondisi darurat saja. Matikan pula fitur mobile data dan WiFi jika tidak benar-benar dibutuhkan.

Bahkan, jika perlu dan kondisi baterai sudah tersisa sangat sedikit, kita dapat mengaktifkan mode Airplane. Dalam kondisi ini, ponsel tidak akan mengonsumsi daya untuk mencari sinyal seluler.

Cara lain menghemat baterai ponsel saat mati lampu adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar sampai di kondisi terendah. Pastikan pula tidak ada aplikasi tak terpakai yang bekerja di belakang layar.

sumber : National Geographic
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement