REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Trafik telekomunikasi pada malam pergantian tahun baru 2015, baik trafik suara, sms, maupun data selalu mengalami lonjakan. Operator telekomunikasi Indosat mengklaim berhasil mengatasinya.
“Kami telah mempersiapkan kenaikan trafik ini dengan meningkatkan kapasitas jaringan dan juga optimalisasi jaringan pada wilayah-wilayah dengan trafik padat saat tahun baru,” ujar Division Head Public Relations Adrian Prasanto, Jumat (2/1).
Dalam mengantisipasi kenaikan trafik selama Natal 2014, Tahun Baru 2015 dan libur akhir tahun ini, Indosat meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, sms, maupun data.
Untuk kapasitas trafik suara menjadi 2.340 juta menit/hari (39 juta erlang/hari), untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,285 milyar SMS/hari. Sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1075 Terabyte/hari. Secara nasional, hingga triwulan ketiga 2014, Indosat melayani 54,2 juta pelanggan, dengan didukung total BT,S yaitu 37.382.
“Menjelang pergantian tahun 2015, 31 Desember 2014 kemarin, trafik suara nasional mengalami peningkatan sebesar 9,3%, trafik data naik 33,72%, dan trafik SMS naik 8,25% dibanding hari biasanya,” tambah Adrian.
Selain itu, Indosat juga melakukan pantauan performasi jaringan selama masa-masa kenaikan trafik tersebut melalui pengoperasian Command Center. Pusat pantauan ini beroperasi selama 24 jam penuh dengan kemampuan mendeteksi dan menangani gangguan jaringan dengan cepat dan terintegrasi secara nasional dengan pusat kendali di Jakarta. Command Center beroperasi pada 31 Desember 2014-1 Januari 2015.