Kamis 11 Dec 2014 16:38 WIB

Ingat! Menkominfo Janji 2015 Rakyat Bisa Nikmati Internet 4G

Rep: C85/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Rudiantara
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Rudiantara

REPUBLIKA.CO.ID,Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berjanji mulai 2015 rakyat Indonesia akan merasakan jaringan internet dengan teknologi 4G yang merupakan generasi keempat jaringan nirkabel pada mobile network.

Untuk merealisasikan janjinya mengenai kehadiran jaringan internet 4G pada 2015, Rudiantara bersama dengan kementeriannya kini melakukan persiapan bersama beberapa operator selular di Indonesia. Salah satunya dengan pembangunan infrastruktur penunjang rencana pita lebar untuk mendukung jaringan 4G tersebut untuk meningkatkan kecepatan akses Internet.

"Bicara mengenai broadband plan sampai 2015, salah satunya adalah untuk akses ditingkatkan agar internet ga lelet. Pasang 4G. Siapa yg akan jadi driver broadband plan Indonesia? Saya usulkan Telkom menjadi driver, motor utama implementasi broadband plan sampai 2015. Salah satu operator sudah commercially launching. Mungkin bulan ini dua operator lagi menyusul. Indosat dan XL," jelas Rudiantara kepada awak media, Kamis (11/12).

Rudiantara melanjutkan, saat ini izin pengoperasian sudah diberikan kepada Telkom selaku provider layanan. Sedangkan untuk dua penyedia layanan lainnya, Indosat dan XL, masih harus melakukan beberapa tahap.

"Izin sudah diberikan kepada Telkomsel. Dua lagi harus melalui izin layak operasi. Mereka harus develop ekosistemnya," lanjutnya.

Rencana ini akan diterapkan mulai akhir tahun ini dan secara bertahap di tahun 2015. "Kalau tidak Indonesia ketinggalan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement