Kamis 11 Dec 2014 07:14 WIB

Fujitsu Punya Layanan Komputasi Antimacet

SPATIOWL Fujitsu dipaparkan
Foto: fujitsu
SPATIOWL Fujitsu dipaparkan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Fujitsu mengumumkan dimulainya kerja sama penyediaan FUJITSU Intelligent Society Solution SPATIOWL, yakni sebuah layanan berbasis komputasi awan yang memanfaatkan informasi lokasi agar pengguna jalan terhindar dari macet.

“Dukungan layanan yang dihadirkan untuk PT Marga Utama Nusantara yang berkontribusi dalam membantu mengatasi masalah kemacetan lalu lintas yang selama ini telah menjadi problematika sosial,” ujar Managing Director Fujitsu Indonesia Achmad S Sofwan, Kamis (11/12).

PT Marga Utama Nusantara merupakan salah satu perusahaan pengelola jalan tol di Indonesia yang berfokus pada pengelolaan jalan tol di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sebagai salah satu kota terpadat di Indonesia, penanganan permasalahan kemacetan lalu lintas jalan raya di kota tersebut mengalami kendala yang teramat pelik.

Mereka, ujar Achmad, memutuskan untuk menggunakan solusi SPATIOWL dalam menyebarkan informasi lalu lintas kepada para pengemudi secara real-time. Serta memberikan pilihan untuk beralih ke rute-rute alternatif melalui jalan tol yang tersedia.

“Dengan demikian, mereka dapat menghemat biaya total perjalanan sekaligus menghindarkan mereka dari keruwetan yang terjadi di jalan-jalan lokal. Diharapkan, kemacetan lalu lintas dapat cepat terurai,” jelasnya.

Solusi layanan informasi lalu lintas SPATIOWL yang diimplementasikan oleh PT Marga Utama Nusantara bekerja dengan cara mengumpulkan berbagai data probe yang meliputi lokasi, waktu dan kecepatan kendaraan.

Serta menghasilkan dan mengumpulkan beragam informasi lalu lintas lainnya, seperti kondisi dan kemacetan. Selain itu, layanan ini juga memberikan kemudahan untuk diinstal di smartphone.

Dengan mengakses aplikasi SPATIOWL melalui perambah di pusat kendali jalan tol, PT Marga Utama Nusantara dapat memperoleh seluruh akses informasi lalu lintas.

Kemudian diteruskan kepada para pengemudi supaya mereka dapat mengetahui dan waspada akan kondisi kemacetan lalu lintas, kecelakaan, maupun bencana yang tengah terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement