Selasa 02 Dec 2014 20:18 WIB

Berikut Tips Fotografi pada Acara Fashion Show

Red: M Akbar
model di atas catwalk
Foto: istimewa
model di atas catwalk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengabadikan momen menarik dan unik di sebuah perhelatan fashion show tentunya menjadi idaman setiap fotografer. Nah, buat Anda yang masih pemula dengan dunia catwalk, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar foto yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hendra Lesmana dari komunitas FAST Photo Club menjelaskan dalam mengabadikan aktivitas model di acara fashion show tentunya setiap fotografer harus bisa membaca cahaya yang tersedia.

''Sering sekali dalam even fashion show, fotografer dilarang menggunakan sumber cahaya tambahan, baik flash maupun continuous lightning. Untuk itu kemampuan dan tehnik fotografi seorang fotografer akan di uji pada event fashion show ini,'' kata dia di Jakarta, Selasa (2/12).

Jika kamera yang dimiliki masih tergolong 'kelas menengah', Hendra mengatakan, tentunya seorang fotografer akan dituntut ekstra dalam membaca sumber cahaya sekaligus juga bagaimana menentukan kecepatan rana yang harus digunakan.

Untuk itu, Hendra menyarankan agar seorang fotografer hendaknya bisa datang lebih awal. ''Tujuan agar dapat memilih tempat yang dianggap menarik untuk stay angle saat acara berlangsung,'' ujarnya.

Manfaat lainnya dengan datang lebih awal, kata dia, seorang fotografer bisa bersosialisai dengan para pendukung acara, terutama dengan bagian unit pencahayaan. Pada tahapan ini, ia menyarankan, agar seorang fotografer sudah mengetahui apa yang akan disuguhkan oleh penata cahaya dalam membanjiri cat walk dengan tata lampunya.

''Perhatikan pula, apakah digunakan lampu jenis spot pada acara tersebut. Dengan mengetahuinya maka hal ini sangat membantu seorang fotografer dalam hal pencahayaan.''

Lebih lanjut Hendra juga menyarankan agar terlebih dahulu melakukan kalibrasi white balance (WB) pada saat penata cahaya mencoba lampunya. Tentunya juga, kata dia, sambil mengukur tingkat kecepatan dan ISO untuk mengurangi beban blur dan noise saat foto dibuka di laptop.

Selanjutnya pilihlah lensa apa yang akan digunakan. Dalam hal memilih lensa yang digunakan, kata Hendra, adakalanya meggunakan dua kamera adalah langkah bijaksana. ''Dengan asumsi, satu kamera dengan lensa zoom sekitar 70-200mm atau 70-300mm. Kemudian kamera yang satunya lagi dipasang lensa kits, 18-55mm.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement