Kamis 20 Nov 2014 16:44 WIB

Toshiba Corp Sukses Kembangkan Pabrik Tanaman Modern

pabrik tanaman Toshiba
Foto: aman
pabrik tanaman Toshiba

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO--Toshiba Corporation berhasil memproduksi sayuran di Kamar Pertanian Yokosuka Toshiba, sebuah pabrik tanaman di Yokosuka, prefektur Kaganawa. 

“Kita adalah apa yang kita makan, maka Toshiba membantu kita memastikan agar kita dapat menaruh makanan yang baik dan sehat di atas piring makanan,” terang pimpinan Proyek Pabrik Tanaman Divisi Pengembangan Bisnis Baru Toshiba Corp. Noriaki Matsunaga dalam rilisnya, Kamis (20/11).

Pabrik tanaman Toshiba yang tertutup ini menggunakan seni teknologi untuk menumbuhkan tanaman dan beroperasi dalam kondisi hampir aseptik. Toshiba menghasilkan 3 juta kantong yang satu kantongnya setara dengan seikat daun selada, daun hijau, bayam, mizuna, dan tanaman-tanaman herbal lainnya.

Mereka pun memanen tanaman tersebut pada Oktober 2014 lalu dengan target penjualan tahunan sebesar 300 juta yen. Kondisi tanaman Toshiba, papar Matsunaga, bebas hama serta mendapat cahaya, air, dan udara yang terkontrol dengan baik.

Pabrik tanaman garapan Toshiba Corp. ini mampu menghasilkan berbagai sayuran dalam kondisi yang hampir steril dan bebas kuman sehingga daya simpannya lebih lama.

“Kami tidak hanya mampu memproduksi sayur-sayuran yang lezat dan sehat, namun kami juga dapat menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat untuk menciptakan pabrik tanamannya sendiri,” ungkap Matsunaga.

Melongok Kamar Pertanian Yokosuka, terlihat berbagai teknologi, termasuk lampu neon dengan panjang gelombang output yang optimal untuk pertumbuhan sayuran.

Serta sistem pengatur udara yang mengatur tingkat suhu dan kelembaban; sistem pemantau untuk melacak pertumbuhan; dan sistem sterilisasi untuk bahan-bahan kemasan. 

“Sistem manajemen produksi ini berdasarkan pada pemanfaatan produksi perangkat semikonduktor,” ujar Matsunaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement