Senin 17 Nov 2014 10:35 WIB

Ini Cerita di Balik Desain Apple Watch

Rep: Niken Paramita/ Red: Mansyur Faqih
Apple watch
Foto: Reuters
Apple watch

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala desainer Apple, Jony Ive ungkapkan alasan di balik desain Apple Watch yang hadir dengan gaya personal. Ketika banyak jam tangan pintar yang hadir dengan satu desain yang sama, Apple justru menghadirkan tiga varian Apple Watch.

Malah, Apple Watch, Apple Watch Sport, dan Apple Watch Edition ditambah dengan enam jenis tali yang berbeda. Mulai dari plastik, stainless steel hingga bahan kulit.

Kepada direktur Museum Desain London, Ive mengatakan, tujuan utama dari desain Apple Watch adalah menciptakan sistem fleksibel yang diambil dari ide tunggal.

"Salah satu tantangan terbesar yang kita temukan adalah bahwa tidak akan duduk di sini memakai hal yang sama. Saya kira kita tidak ingin memakai barang yang sama. Karena itu kenapa kita mengembangkan sebuah sistem bukan satu produk tunggal," kata Ive yang dilansir Phone Arena, Ahad (16/11).

Apple menyadari setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Semua orang ingin menyesuaikan perangkat yang mereka pakai sesuai kepribadian mereka masing-masing. 

Di sela perjumpaannya itu, Ive juga mengungkapkan soal adanya produk yang meniru Apple. Ive sama sekali tak menaruh pernghargaan kepada mereka yang menciptakan produk yang terinspirasi dari Apple. Ive bahkan menyebutkan bukan peniru tapi pencuri.

"Salah satu yang menyedihkan adalah ketika kita mungkin mudah tersinggung dengan produk yang kita kerjakan selama delapan tahun dan ditiru dalam waktu enam bulan dan tidak bisa dihindari itu berhasil. Itu bukan menyalin, tapi pencurian. Mereka mencuri waktu beharga kami dengan keluarga," kata Ive.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement