Kamis 30 Oct 2014 15:31 WIB

Biak Telah Terjangkau Jaringan Serat Optik

Pemasangan jaringan serat optik Telkom
Pemasangan jaringan serat optik Telkom

REPUBLIKA.CO.ID,BIAJ-- Wilayah Telkom Kabupaten Biak Numfor, Papua, telah dipasang kabel serat optik sepanjang 850 meter, kata pengawas lapangan pekerja kabel optik Dedi Zen di Biak, Kamis.

Selama kurang lebih dua bulan mengerjakan proyek pemasangan kabel optik di Kabupaten Biak, kata dia, berlangsung normal sesuai dengan jadwal kerja.

"Syukur alhamdulillah sejak pemasangan dan pembongkaran saluran kabel optik laut semua lancar-lancar karena didukung dengan cuaca yang bagus," kata Dedi Zen di sela menyelesaikan pengalian galian kabel optik.

Ia mengakui untuk pemasangan kabel optik di area perairan laut Biak Numfor dilakukan pekerja dengan menggunakan kapal Jepang Subaru.

Dengan rampungnya pekerjaan pemasangan kabel optik laut di area Kabupaten Biak Numfor, menurut Dedi, semua buruh pekerja lapangan akan dipulangkan ke Pulau Jawa.

Selain di Biak, pemasangan kabel optik laut juga diawali dari Sorong, Manokwari, Biak, dan Jayapura, serta jalur lain dari Sorong hingga Merauke. "Secara keseluruhan operasional kabel optik laut di wilayah Papua dan Papua Barat akan dimulai pada tahun 2015," kata Dedi Zen.

Menyinggung kendala kerja pemasangan kabel optik, menurut Dedi, semua pekerjaan di Biak berlangsung lancar karena didukung dengan kondisi cuaca kota Biak yang sangat bagus sampai tuntas.

Hingga Kamis pukul 16.45, galian pemasangan kabel optik laut yang telah dibongkar pekerja lapangan telah dirapikan dan ditata kembali seperti semula sepanjang 850 meter.

Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement