Ahad 26 Oct 2014 22:07 WIB

Harapan Netizen untuk Menkominfo Rudiantara

Rudiantara
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Rudiantara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika pada kabinetnya yang dia namai Kabinet Kerja. Nama Rudiantara termasuk dalam 34 nama menteri yang diumumkan presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (26/10) sore.

Pengumuman Rudiantara sebagai Menkominfo baru menuai respons beragam dari netizen. Di jejaring sosial twitter, misalnya, sejumlah pengguna mengucapkan selamat atas terpilihnya mantan wakil direktur utama PLN itu sebagai menteri pengganti Tifatul Sembiring. Mereka juga tak luput melontarkan sejumlah harapan untuk Rudiantara.

"Mari berharap ke Menteri Kominfo yg baru, Bpk Rudiantara. Agar internet Indonesia lebih baik, lebih maju & lebih cepat #SuaraAnakNegeri," cuit akun @MasAriefGun14.

Hal senada diungkapkan akun @RATARSP: "Semoga Menkominfo yg baru bisa membangun sistem IT yg lebih baik di daerah yg terplosok dan kurang terekspos. #2014-2019 :)."

"Punya niat besar banget...bisa jadi bagian di menkominfo...sukur sukur jd menterinya. Makin geregetan mau liat gebrakanya pak rudiantara,"  ‏cuit pengguna lain @rintowuang

Pengalaman Rudiantara di dunia ICT, khususnya industri telekomunikasi, terbilang lama. Alumnus Universitas Padjadjaran, Bandung ini pernah menjabat sebagai General Marketing Manager Indosat pada 1990-an. Ia kemudian sempat mengabdi di Telkomsel,  Excelcomindo Pratama (kemudian menjadi XL Axiata) dan PT Telkom.  Rudiantara juga pernah menduduki posisi sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI)

Selain berkiprah di sektor telekomunikasi, Rudiantara juga pernah dipercaya menjadi Wakil Dirut di Semen Gresik. Ia juga pernah menjabat Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero) dan berperan besar dalam pencarian pendanaan perusahaan terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt.

Saat ini pria kelahiran Bogor 3 Mei 1959 tersebut menjabat sebagai Komisaris Independen PT Indosat Tbk.

"Pak Rudiantara veteran di dunia telekomunikasi. Beliau paham internet cepat buat apa, tanpa perlu nanya di twitter," ungkap stand up comedian Ernest Prakasa melalui akunnya @ernestprakasa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement