Ahad 26 Oct 2014 20:29 WIB

Perjalanan Karier Rudiantara Sebelum Ditunjuk Jadi Menkominfo

Rudiantara (kiri) ditunjuk jadi Menteri Komunikasi dan Informatika di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.
Foto: Republika/Darmawan
Rudiantara (kiri) ditunjuk jadi Menteri Komunikasi dan Informatika di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika pada kabinetnya yang dia namai Kabinet Kerja. Nama Rudiantara termasuk dalam 34 nama menteri yang  diumumkan di Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (26/10).

Rudiantara saat ini menjabat Komisaris Independen PT Indosat Tbk. Ia akan menggantikan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring pada Kabinet Indonesia Bersatu II era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 2009-2014.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Rudiantara merupakan alumnus Universitas Padjadjaran, Bandung, pada 1990-an. Pria kelahiran Bogor 3 Mei 1959 ini pernah menjabat Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero).

Selama dua tahun menjabat Wakil Direktur Utama PLN ia berperan besar dalam pencarian pendanaan perusahaan terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt.

Rudiantara juga pernah menduduki posisi sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI)

Ia juga tidak asing di dunia marketing, sejak mengabdi di Telkomsel, kemudian menjadi Direksi di Excelcomindo Pratama yang kemudian menjadi XL Axiata. Ia juga pernah menjabat sebagai General Marketing Manager Indosat pada 1990-an.

Selain berkiprah di sektor telekomunikasi, Rudiantara juga pernah dipercaya menjadi Wakil Dirut di Semen Gresik.

Ia pun kembali lagi di sektor telekomunikasi dengan menjadi Komisaris di PT Telkom kemudian menjabat Komisaris di PT Indosat hingga sekarang.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement