Jumat 03 Oct 2014 07:16 WIB

Hotspot Internet Ubah Wajah Desa Ini

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Warga Desa Melung
Foto: melung.desa,id
Warga Desa Melung

REPUBLIKA.CO.ID,BANYUMAS--Melung di Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah, satu dekade lalu bisa jadi hanyalah desa kecil yang nyaris tak ada bedanya dengan desa-desa lainnya di Indonesia.

Namun internet telah mengubah desa itu menjadi unik dan membuka kesempatan bagi masyarakatnya untuk tetap terhubung dengan dunia yang lebih luas. Melung telah menjadi desa internet yang telah dipenuhi hotspot-hotspot yang memungkinkan masyarakatnya mengakses internet dengan gadget mereka di rumah.

"Desa-desa yang masyarakatnya sudah terkoneksi dengan informasi dengan baik ke depan harus menjadi percontohan dan direplikasikan di daerah lain," kata Tifatul Sembiring yang baru saja melepaskan jabatan sebagai Menkominfo, Jumat (3/10).

Tifatul yang baru saja dilantik sebagai anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan, salah satu indikator sukses Kemenkominfo adalah meluasnya masyarakat yang terkoneksi dengan informasi.

Oleh karena itu, desa informatika Melung seharusnya bisa dijadikan salah satu rujukan target 1.000 desa blusukan pada Pemerintahan Jokowi-JK.

"Ke depan harus dilakukan pendataan untuk memetakan desa-desa atau wilayah di NKRI yang masih blankspot untuk kemudian membuat masyarakat di dalamnya terkoneksi dengan informasi," katanya.

Tifatul menekankan pentingnya upaya untuk menstimulasi penggunaan internet pedesaan seperti yang dilakukan di Desa Melung. Meski berada di lereng Gunung Slamet, Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, saat ini menjadi satu-satunya desa di wilayah Banyumas yang memiliki sarana teknologi informasi termaju.

"Ke depan harus lebih banyak lagi desa-desa yang masyarakatnya terkoneksi dengan informasi," katanya.

Kemenkominfo terus akan mendata dan memantau desa-desa yang unggul di bidang TIK. “Kami akan memberi mereka infrastruktur akses yang lebih cepat dan mobile melalui program m-CAP atau m-PLIK," kata Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kemenkominfo Bambang Heru Tjahyono.

M-PLIK (Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan) merupakan penyedia mobil layanan internet kecamatan yang bersifat bergerak untuk akses internet yang sehat, aman, cepat, dan murah.

Fungsi dan tujuannya adalah melayani masyarakat umum yang berada di daerah-daerah kecamatan yang belum terjangkau oleh fasilitas internet.

MPLIK ini bersinergi dengan Program KPU/ISO dengan M-Community Access Point (CAP), yang ditargetkan oleh Penyedia sebanyak 1.907 MPLIK tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement