REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan pengguna internet yang penasaran dengan Ello, platform media sosial baru yang dijuluki anti-Facebook, berupaya mendapatkan tiket ke media sosial itu. Menjanjikan eksklusifitas, Ello saat ini hanya bisa diakses dengan undangan.
Dilansir dari Sydney Morning Herald, Ello saat ini hanya bisa diakses oleh undangan. Setiap pengguna baru diberikan lima 'kode pengguna'. Mereka bisa menggunakannya untuk mengundang teman-teman lainnya.
Namun, eksklusivitas Ello tentu hanya sebuah 'tipuan'. Tagar #elloinvitecode kini menjadi tren di jejaring sosial Twitter, hanya dalam hitungan menit.
Disamping viral marketing yang bagus, daya tarik Ello berdasarkan komentar media sosial lainnya karena tampilannya yang jelas dibandingkan Facebook.
Selama ini jaringan sosial memiliki pengiklan, setiap posting dan link dilacak, direkam dan dikonversi jadi data. Perusahaan iklan membeli data pengguna.
Sebaliknya, Ello tampil sederhana, indah dan bebas iklan. Hanya mengumpulkan data secara anonim, namun pengguna dapat memilih keluar dari itu juga jika mereka ingin.
Tapi ini bukan pertama kalinya, jaringan sosial memposisikan diri sebagai penangkal korporatisme Facebook.