REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Perusahaan elektronik PT LG Electronics Indonesia semakin agresif menggarap pasar televisi kelas premium.
"Untuk tahun ini, kami menargetkan sekitar 20 ribu unit televisi kelas premium dari berbagai tipe bisa terjual, dengan pertumbuhan pasar sekitar 40 persen," kata TV Product Marketing LG Electronics Indonesia Andhika Ramdhan Fauzie, Rabu (17/9).
Sejak pertama kali diluncurkan pada awal 2012, pertumbuhan penjualan televisi layar datar kelas premium mencapai 1.000 persen dalam dua tahun terakhir. Menurutnya, ada beberapa faktor yang turut mendongkrak penjualan televisi layar datar. Antara lain, ketersediaan akses internet yang makin mudah dan sistem pembelian dengan fasilitas khusus menggunakan kartu kredit.
“Saat ini, sebagian konsumen membeli televisi tidak sekadar untuk menonton acara program stasiun televisi, tetapi juga mencari produk yang bisa terkoneksi dengan internet,” ujar Andhika.
Pasar Jakarta masih menjadi kontributor terbesar dalam penjualan televisi kelas premium LG yakni sekitar 50 persen, disusul Surabaya (15 persen) dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.
Branch Manager Surabaya LG Indonesia Irvan Salahudin menjelaskan, tren permintaan pasar terhadap produk televisi berteknologi canggih terus tumbuh, termasuk untuk produk segmen menengah ke bawah dengan harga lebih terjangkau.
Dalam dua tahun terakhir, lanjut Irvan, konsumen di Surabaya dan beberapa daerah di Jatim memberikan respon positif terhadap produk-produk terbaru LG, sehingga penjualan bisa tumbuh hingga 200 persen.
"Selain Surabaya, pasar terbesar kedua di Jatim adalah Malang. Kami juga akan menggarap beberapa kota lain, seperti Kediri dan Jember," ungkap Irvan.