Rabu 17 Sep 2014 14:38 WIB

Telkom Luncurkan Layanan Kesehatan Digital, UDoctor

UDoctor Telkom Indonesia
UDoctor Telkom Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkom Indonesia memperkenalkan layanan digital healthcare bertajuk UDoctor. Layanan baru dikembangkan sebagai respon atas kebutuhan layanan kesehatan yang mudah diakses, transparan & rasional dari sisi harga.

''Kehadiran UDoctor diharapkan mampu memberikan kontribusi aktif dalam mendukung program pemerintah Menuju Indonesia Sehat, Jaminan Kesehatan Nasional , Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan Kartu Indonesia Sehat,'' kata Achmad Sugiarto, EGM  Divisi Solution Convergence Telkom, di Jakarta, Rabu (17/9).

UDoctor memiliki layanan yang variatif, salah satunya adalah klinik virtual di mana dokter dapat membuka tempat praktik secara online serta membuat model reservasi online untuk klinik fisik mereka. Jadi, pasien dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter secara online maupun  untuk konsultasi secara fisik dengan dokter melalui reservasi antrian.

Menurut Anto, Fasilitas klinik untuk dokter ini lebih ke arah manajemen tempat praktik sederhana. Prosedur untuk pendirian klinik virtual sangat mudah, dokter cukup melakukan registrasi ke UDoctor dan melampirkan STR dan SIP, lalu selanjutnya menunggu persetujuan dari admin UDoctor.

Ia menjelaskan sebelumnya UDoctor hanyalah sebuah layanan interaktif antar karyawan Telkom seputar informasi kesehatan. Kemudian setelah melihat kebutuhan layanan digital healthcare yang semakin tinggi, maka diputuskan untuk membawa UDoctor menjadi platform kesehatan digital untuk masyarakat Indonesia.

UDoctor merupakan salah satu proyek di unit eHealth Divisi Solution Convergence PT. Telkom. Platform ini akan resmi diperkenalkan pada Bulan Oktober 2014. Untuk informasi lengkapnya bisa mengunjungi : http://udoctor.co.id, Facebook : UDoctor Indonesia dan Twitter: UDoctorID.  

"Selama masa validasi market tersebut, UDoctor masih menerapkan skema free untuk para anggota. Ke depannya, kami akan menerapkan variasi skema bisnis platform as a service maupun Software as a Service (untuk segmen B2B dan B2G) serta Premium Service (untuk segmen B2C)," ujarnya.

UDoctor menyediakan layanan Cek Gejala Penyakit, Personal Healtcare, Dokter Jaga, Dokter Praktek, Sharing Pengalaman, Informasi Kesehatan, Tips & Gaya Hidup Sehat, Medical Record & Fitur Komunikasi interaktif antar anggota. Layanan terbaru yang tengah dikembangkan lainnya adalah Dokter Keluarga (Model Kapitasi), Online Store, dan Health Directory. Solusi utama yang ditawarkan UDoctor adalah layanan kesehatan yang bersifat promotif, preventif, konsultatif, dan monitoring. "Kelebihan UDoctor adalah adanya video call antara pasien dan dokter," Anto menambahkan.

Mengingat UDoctor masih dalam taraf validasi market, maka UDoctor saat ini baru menyediakan 3 dokter jaga yang bertugas selama hari kerja dan dijam kerja. ''Ke depan, Telkom akan menyiapkan tim dokter jaga 24 jam melalui sinergi dengan institusi kesehatan.,'' papar Anto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement