Kamis 11 Sep 2014 11:11 WIB

Cuaca Lebih 'Update' dengan With Globe

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
BMKG
BMKG

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Alat parameter cuaca With Globe menjadi andalan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) untuk mengomunikasikan update cuaca pada masyarakat.

"With Globe" merupakan alat yang nantinya bisa memantau parameter cuaca bumi secara nyata dengan display yang berbentuk bola. Alat tersebut ditampilkan secara menarik dan informatif dan bisa memantau 5limasuhu cuaca di bumi," ucap Kepala BMKG Andi Eka Sakya, Kamis (11/9).

Ia mengatakan lima parameter cuaca bumi yang nantinya ditampilkan secara nyata melalui With Globe itu diantaranya Cloud Cover/Satellite Imagery setiap 1 Jam, Ocean Current setiap 1 hari, Sea Surface Temperature setiap 1 hari, Surface Isoba setiap 12 jam dan Significant Weather dipantau setiap kejadian.

"Alat pantau parameter cuaca bumi ini merupakan sarana dan etalase tentang kemajuan teknologi tampilan cuaca yang ada di BMKG," tuturnya.

Saat ini informasi BMKG sangat dibutuh oleh segenap kebutuhan masyarakat karena hal ini sejalan dengan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan informasi publik.

"Kami mengharapkan With Globe dapat menjadi sebuah sarana peraga yang sekaligus memmbantu kita mengilutrasikan ilmu pengetahuan tengtang sistem bumi," katanya usai meresmikan With Globe di BMKG Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement