REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tren digital saat ini telah mengubah cara wisatawan dalam merencanakan liburan mereka. Mereka mengandalkan pencarian secara online untuk merencanakan liburan.
“Sekitar dua juta orang Indonesia melakukan pencarian mengenai travel di Google setiap harinya dan
pencarian untuk penerbangan adalah yang terbanyak diikuti dengan pencarian hotel,” kata Marketing
Manager Skyscanner Indonesia Tika Larasati, Ahad (7/9).
Ia melihatnya sebaga dampak meningkatnya penetrasi internet di Indonesia yang mencapai 15 persen di tahun 2014. Juga didukung dengan penetrasi telepon genggam sebanyak 112 persen di tahun 2014 dan jumlah pengguna smartphone mencapai 61 juta orang.
“Skyscanner juga dapat melihat dampaknya pada jumlah aplikasi mobile Skyscanner yang diunduh di
Indonesia yang meningkat lebih dari 100% dari tahun ke tahun,” kata Tika.
Kebutuhan wisatawan yang berselancar online turut diperhatikan. Sehingga penyedia jasa wisata online memberikan fitur khusus membantu persiapan liburan mereka. Antara lain fasilitas info harga untuk mendapatkan perkembangan perubahan harga tiket pesawat melalui email, fitur pencarian ke mana saja untukmemberikan inspirasi tujuan wisata termurah di seluruh Indonesia maupun dunia.
Ada pula filter pencarian tiket untuk jumlah perhentian, lama perjalanan, lama keberangkatan dan pilihan maskapai. Selain pencarian dan perbandingan tiket pesawat, wisatawan bisa mendapatkan informasi seputar hotel dan sewa mobil di tempat tujuan wisata yang semakin memudahkan mereka dalam merencanakan liburan.