Jumat 05 Sep 2014 07:48 WIB

Indonesia Pemain Penting di Peta Internet Dunia

Hub internet (Ilustrasi)
Foto: Reuters
Hub internet (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,ISTANBUL--Presiden dan CEO ICANN Fadi Chehade menilai Indonesia memiliki peran penting dalam peta internet dunia. 

"Indonesia penting karena negara muslim terbesar, banyak inovator ICT-nya, dan juga banyak aplikasi yang dihasilkan," kata Fadi pada delegasi Indonesia di acara International Governance Forum (IGF) di Istanbul, Turki, Jumat (5/9).

Sebagai negara yang pertumbuhan ekonominya dan pertumbuhan penetrasi internet, urai Fadi, Indonesia menjadi pasar penting. Maka akan banyak device yang terpakai untuk komunikasi. Jutaan device tersambung, akibatnya masalah sekuriti menjadi penting.

"Karena alasan politik, bisa saja terjadi serangan ke pengguna internet Indonesia," kata Fadi. Selain itu juga sudah menjadi bagian dari hub dalam network bahkan dalam ekonomi dan bisnis.  Banyak pihak berkepentingan, soal security pun menjadi penting. 

Dalam hal ini, ICANN siap membantu pengguna internet Indonesia untuk cyber security dalam hal DNS-sec. Pihaknya sedang dalam progress mensupport Pandi (pengelola domain) untuk mengimplementasikan DNS-sec dalam single DNS (domain name system).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement