Senin 18 Aug 2014 17:00 WIB

Cegah Pencurian Ponsel dengan Cara Ini

Rep: Niken Paramita/ Red: Esthi Maharani
CCTV pencurian ponsel di Amerika
Foto: VOA
CCTV pencurian ponsel di Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak lama kasus pencurian telepon genggam marak terjadi dan jumlahnya terus meningkat. Namun seiiring dengan perkembangan teknologi, pencurian telepon genggam bisa dicegah dengan pengaturan sistem keamanan pada ponsel. Terutama pada perangkat ponsel pintar berbasis Android, iOS dan BlackBerry.

Untuk mengatur sistem keamanam pada ponsel pintar Anda, Gear Live, Senin (19/8) melansir  beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Membuat kata sandi yang kuat

Ini adalah metode sederhana sebagai awalan yang bisa digunakan untuk melindungi ponsel dari akses tak dikenal. Pada perangkat Android, kata sandi bisa dibuat dengan pola, kode numeric atau kode ketukan. Sementara diperangkat iPhone 5S, Apple sudah mematenkan sidik jari sebagai kode akses membuka ponsel.

2. Aktifkan pelacakan lokasi

Di beberapa model smartphone, produsen sudah menyematkan fitur GPS yang bisa menentukan lokasi ponsel. Cara ini membantu Anda melacak ponsel dari jarak jauh. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk melacak ponsel yang dicuri atau melaporkan ke pihak berwajib dimana ponsel Anda berada. Dengan begitu polisi akan lebih mudah mencarinya.

3. Aktifkan backup data otomatis

Umumnya yang disayangkan dari kehilangan ponsel adalah hilangnya data yang tersimpan di dalamnya. Karena itu jika platform smartphone Anda menawarkan layanan backup data ke sistem penyimpanan cloud computing, pilihan bijaknya adalah menggunakannya. Dengan mengaktifkan layanan ini setidaknya Anda tidak perlu kehilangan data jika ponsel hilang dan tak kembali. Aplikasi, foto, film dan semua data yang tersimpan dalam ponsel akan kembali saat Anda mendapatkan perangkat penggantinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement