Sabtu 26 Jul 2014 19:30 WIB

Telkomsel Resmikan Layanan Broadband di Delapan Kapal Pelni

Peresmian broadband telkomsep di diakap Pelni
Peresmian broadband telkomsep di diakap Pelni

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Setelah menyediakan akses telepon di kapal laut, Telkomsel maju selangkah lagi dengan menyediakan akses data di kapal lain. Mulai hari ini ada delapan kapal Pelni yang memiliki akses broadband Telkomsel.

''Tahap awal ada delapan kapal Pelni yang memiliki akses broadband,'' kata Direktur Marketing Telkomsel, Mashud Khamid, usai peresmian layanan data Telkomsel di kapal Pelni, Sabtu (26/7). Telkomsel berencana menyediakan layanan serupa di delapan kapal Pelni yang lain.

Saat ini, kata Mashud, ada 16 kapal Pelni yang telah memiliki akses telekomunikasi Telkomsel. Dengan delapan kapal yang juga memiliki akses 3G, maka ada 16 kapal yang telah memiliki layanan 3G dan 16 kapal dengan layanan 2G.

Layanan 2G yang ada di kapal, kata Mashud, akan tetap dipertahankan. ''Untuk layanan 3G kami menambah perangkat saja, perangkat yang lama tetap dipertahankan. Kalau nanti layanan 2G tak lagi digunakan baru kita ganti semuanya dengan 3G,'' katanya.

BTS di 16 kapal Pelni memiliki kapasitas hingga 4.000 user. Jumlah itu disebut Mashud cukup memadai, karena penumpang kapal berkisar antara 3.000 hingga 5.000 penumpang. Tingkat okupansi layanan yang disediakan sekitar 60 persen.

Direktur Utama Pelni, Wimbo G Hardjito menyambut baik layanan baru Telkomsel pada delapan kapal Pelni. ''Kami berharap 25 kapal Pelni memiliki akses telekomunikasi,'' kata Wimbo.

Layanan telekomunikasi, kata Wimbo, telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Demikian pula dengan para penumpang kapal. Ia berharap Telkomsel segera menyediakan layanan telekomunikasi di sembilan kapal yang lain.

Tentang layanan diseluruh kapal Pelni, Mashud menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengkajian. ''Akan kita liat dulu, rutenya panjang atau enggak. Idealnya melayani dua atau tiga provinsi. Besar kapal juga akan diperhitungkan. Kalau penumpangnya 3.000-an sangat memungkinkan memiliki layanan telekomunikasi,'' kata Mashud.

Delapan kapal Pelni yang kini dilengkapi dengan layanan broadband adalah: KM Labobar, KM Kelud, KM Ngapulu, KM Bukit Siguntang, KM Dorolanda, KM Bukit Raya, KM Tidar dan KM Ciremai

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement