Jumat 25 Jul 2014 05:17 WIB

Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik Mudik dan Lebaran

Combat Telkomsel
Foto: telkomsel
Combat Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel menyatakan siap menghadapi peningkatan trafik selama musim mudik dan Idul Fitri 2014/ Operator dengan 138.5 juta pelanggan ini memastikan kapasitas jaringan yang disediakan cukup untuk menghandle kenaikan trafik.

''Jaringan kami siap menghadapi mudik dan idul fitri 2014,'' kata GM Transport Network Operation Telkomsel, Moelky Furqan. Moleky menyatakan menjelang Ramadhan telah dilakukan penambahan kapasitas pada seluruh elemen jaringan Telkomsel.

Menghadapi Ramadhan dan Lebaran, misalnya, ada penambahan BTS sebanyak 155 unit. ''Kami juga melakukan up grade 984 BTS dan melakukan modernisasi 85 BTS,'' kata Moelky. BTS itu tersebar di jalur utama mudik atau berada di sentra-sentra mudik tahun ini.

Penambahan kapasitas juga dilakukan dengan mengoperasikan 54 COMBAT atau BTS bergerak. Dengan penambahan 54 COMBAT tadi, kini Telkomsel memiliki 762 COMBAT. Perangkat ini akan dioperasikan di titik titik padat pelanggan (hot spot).

''Kita mengutamakan kenyamanan pelanggan berkomunikasi saat Ramadhan, mudik maupun Idul Fitri,'' papar Moelky. Salah satu COMBAT Telkomsel dioperasikan di sekitar jembatan Comal yang tengaj diperbaiki dan diperkirakan akan mengalami antrean panjang para pemudik.

Ihwal tren kenaikan trafik komunikasi pada Idul Fitri tahun ini, Moelky menyatakan berdasarkan pengkajian akan terjadi kenaikan trafik sekitar 2 persen untuk voice dibandingkan trafik pada hari biasa. '' SMS sekitar 15 persen, MMS 280 persen dan Data sekitar 30 persen,'' kata Moelky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement