Jumat 18 Jul 2014 00:43 WIB

Snowden Imbau Profesional Lindungi Kerahasiaan Data

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Chairul Akhmad
Edward Snowden.
Foto: Reuters
Edward Snowden.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Whitleblower dari New York Security Agency (NSA), Edward Snowden, mengimbau para profesional, seperti pengacara, wartawan, dokter, akuntan, dan lainnya untuk melindungi kerahasiaan data-data pentingnya demi keamanan dari pengawasan mata-mata.

Snowden mengatakan dunia mendatang akan lebih menantang. "Kejadian tahun lalu menunjukkan kepada kita bukti bahwa komunikasi terekripsi di internet tidak lagi aman. Setiap komunikasi harus dienkripsi secara default," kata Snowden, dilansir dari The Guardian, Kamis (17/7).

Tanggapan dari badan-badan profesional sejauh ini bervariasi. Seorang profesional di Home Office di London, James Brokenshire mengatakan kode etik untuk melindungi hak hukum para profesional lainnya membutuhkan jaminan kerahasiaan dan sedang dalam pembahasan.

Permohonan Snowden pada para profesional untuk memperketat keamanannya muncul selama wawancara ekslusif dengan media the Guardian di Moskow, Rusia.

Mantan staf NSA dan spesialis komputer di CIA itu kini menjadi orang paling dicari di Amerika Serikat (AS). Snowden dijerat dengan Undang-Undang Spionase AS setelah membocorkan dokumen rahasia pemerintah. Dia kemudian mencari suaka sementara di Rusia sejak tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement