Senin 07 Jul 2014 22:59 WIB

iPhone 6 akan Dirakit Robot?

Rep: cr01/ Red: Mansyur Faqih
Proses perakitan di Foxconn
Foto: appleinsider
Proses perakitan di Foxconn

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple dikabarkan akan merakit ponsel besutannya secara robotik. Ini menyusul rumor mengenai kehadiran generasi terbaru dari iPhone.

Kabar ini berhembus setelah Foxconn, pabrik rekanan Apple, mengumumkan siap memperkerjakan robot baru dalam sistem perakitannya yang dinamai Foxbots. Dengan robot itu, semua proses produksi akan dilakukan secara otomatis.

International Business Times, Senin (7/7) melansir, kabar ini disampaikan Foxconn di sela rapat umum pemegang saham. Terry Gou, CEO Hon Hai (induk perusahaan Foxconn) mengungkapkan Apple akan menjadi perusahaan pertama yang mencicipi teknologi robot pekerja ini untuk produk terbarunya.

Ponsel iPhone 6 akan menjadi produk terbaru Apple yang dirakit Foxconn. Gou melanjutkan, robot perakitnya saat ini sudah memasuki tahap tes terakhir. Satu robot mampu merakit hingga 30 ribu ribu smartphone.

Kehadiran pengembangan Foxbots sebelumnya sudah diutarakan Hon Hai pada Agustus 2011. Perusahaan saat itu mengungkapkan akan memiliki satu juta robot yang akan berjalan di pabriknya selama tiga tahun.

Masing-masing robot bernilai hingga 20 ribu-25 ribu dolar AS. Namun Foxconn tidak mengkonfirmasi lebih lanjut apakah kehadiran robot itu akan menggantikan tenaga manusia. 

Bulan lalu Foxconn dilaporkan sudah mengontrak sebanyak 100 ribu pakerja dalam rangka memulai perakitan iPhone 6.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement