Selasa 01 Jul 2014 20:10 WIB

Telkomsel Akan Luncurkan T-Cash Berbasis NFC

Transaksi dengan NFC
Transaksi dengan NFC

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel berencana merilis layanan mobile wallet berbasis near field communication (NFC) dalam waktu dekat ini. Ia akan menjadi layanan mobile wallet dengan NFC pertama di Indonesia.

''Kami akan mengembangkan layanan NFC mobile untuk Telkomsel Cash (Tcash),'' kata VP Digital Payment and Mobile Banking Telkomsel, Andi K Utomo di Jakarta, Selasa (1/7).

Andi menyebut layanan NFC mobile merupakan teknologi pertama yang diimplementasikan untuk mobile wallet di Indonesia. NFC merupakan salah satu fitur yang ada di smartphone berbasis Android dan Blackberry.

NFC antara lain digunakan untuk melakukan transaksi. Dengan NFC, kata Andi, pelanggan cukup menggunakan ponsel dalam melakukan transaksi TCash, bila simcard di kartunya telah diaktifkan layanan TCash. ''Tak perlu menggunakan chip lagi,'' kata Andi Kartiko.

Tentang smartphone yang memiliki fitur NFC sendiri, Andi Kartiko menyatakan cukup banyak pelanggan yang menggunakan smartphone dengan NFC. ''Ada sekitar 2,5 juta pelanggan yang telah menggunakan smartphone ini,'' katanya.

Pelanggan dengan smartphone berfitur NFC itulah yang akan menjadi sasaran utama program itu. ''Kita juga tidak menutup kemungkinan menjalin kerjasama dengan pabrikan ponsel untuk pengembangan layanan ini,'' kata Andi yang lama menggeluti ponsel di Samsung dan Blackberry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement