Senin 30 Jun 2014 21:21 WIB

Ubah Jepretan Smartphone Sekelas DSLR

Rep: Indah Wulandari/ Red: Citra Listya Rini
Lensa Sony QX10
Lensa Sony QX10

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilik ponsel pintar tak perlu berkecil hati dengan jepretan fotonya. Lensa tambahan berukuran mini, Sony QX10 dan QX 100 memberi kualitas gambar bak kamera DSLR. Bahkan, lensa ini telah memiliki fungsi built-in camera sehingga bisa bekerja secara independen.

“Beberapa pengguna smartphone ingin mencoba eksplorasi lebih jauh. Jenis aksesori lensa yang sering ditemui adalah fish eye, macro, dan tele. Hasilnya memang lebih baik dibanding memanipulasinya dengan aplikasi,” kata Head of Digital Imaging Marketing Department PT Sony Indonesia Jeremy Heng.

Sony  jeli membaca fenomena di kalangan fotografer smartphone. Maka, terobosan yang dilakukan tak terhenti pada kualitas kamera dan fitur fotografi, tetapi menyiapkan keperluan pendukung, yakni lensa tambahan terintegrasi smartphone Sony, iOS, dan jenis Android lainnya.

Lensa tersebut adalah tipe QX 10. Berbeda dengan aksesori lensa ponsel yang sekadar miniatur, ini benar-benar lensa layaknya pada kamera DSLR. Pada tipe QX10, spesifikasinya adalah sensor BSI-CMOS 1/2.3” berukuran 25-250mm dengan optical zoom 10 kali dan optical image stabilization (OIS). 

Lensa memiliki ring kendali manual, tuas zoom dan tombol rana untuk pengoperasian secara langsung. Uniknya, tak sekadar lensa biasa. Pada Sony QX10 dan QX100 terdapat baterai sebagai sumber daya dan slot micro SD untuk penyimpanan memori foto. 

“Ini memungkinkan lensa bisa bekerja sebagai kamera independen yang diletakkan terpisah dari ponsel karena memiliki sistem dan power sendiri,” jelas Jeremy.

Untuk mempermudah pengoperasian, smartphone bekerja layaknya remote pengoperasian lensa. Pada lensa terdapat sistem Wi-Fi direct yang membuatnya bisa terhubung dengan perangkat smartphone. sedangkan pengoperasian menu pada smartphone menggunakan aplikasi PlayMemories Mobile yang bisa diunduh dari toko aplikasi.

Jakarta Branch Head PT Sony Indonesia Hendra Sjarief melihat peluang besar kedua jenis lensa tersebut dicari para penggemar selfie ibukota. Lantaran fleksibel serta kemampuannya setara DSLR.

Dua jenis lensa eksternal untuk perangkat ini mulai dijual di Indonesia beberapa bulan lalu. Di Indonesia, kedua lensa itu telah bisa dipesan di Wellcommshop.com. Lensa QX10 dibanderol dengan harga Rp3,157 juta dan QX100 dijual seharga Rp 5,789 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement