Senin 30 Jun 2014 13:12 WIB

Twitter Rilis Hasflag Khusus Ramadhan

Rep: c92/ Red: Taufik Rachman
Hashflag Ramadhan
Hashflag Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Setelah meluncurkan set hashflag khusus Piala Dunia 2014, Twitter kembali meluncurkan rangkaian hashflag keduanya khusus untuk Ramadhan dan Idul Fitri. Dengan menuliskan #Ramadhan atau #Eid dalam bahasa Arab atau Inggris, pengguna dapat melihat ikon special berupa bulan sabit dan kaligrafi dengan tulisan Arab.

“Minggu ini, lebih dari 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia akan menjalani bulan kesembilan dalam Kalender Islam, yaitu Ramadhan, bulan puasa,” kata Twitter seperti dikutip The Guardian, “Dan mereka juga akan berkumpul di Twitter untuk berbagi kebahagiaan mereka. Berdasarkan penelitian kami, orang mengirim 74,2 miliar tweet tentang Ramadhan dari seluruh dunia tahun lalu," kata Twitter melanjutkan.

Tim data Twitter meletakkan visualisasi untuk menunjukkan bagaimana kicauan pengguna tentang Ramadhan di tahun 2013. Di Amerika, “Musim panas yang panjang artinya orang-orang sering berkicau tentang bagaimana lapar dan hausnya mereka selama Ramadhan,” sedangkan di UK dan Malaysia, kata “Happy” lebih dominan. Kata “Salat” paling sering muncul dalam mention selama Ramadhan di Arab Saudi, UAE, Bahrain, dan Mesir.” kicau Twitter.

Selain menambahkan sedikit tambahan warna, Twitter juga menyediakan layanan tambahan untuk pengguna Muslim. Mulai Jumat (27/6), pengguna bisa menggunakan channel berita Arab, Al Arabiya, untuk mengetahui kapan saat berbuka di lokasi mereka.

Pengguna hanya perlu menuliskan hastag #iftar diikuti hastag lokasi, misal #jakarta ke akun @alarabiya. Sama halnya dengan waktu berbuka, pengguna juga dapat menggunakan hastag #imsak untuk melihat waktu imsak di daerah masing-masing.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement