REPUBLIKA.CO.ID,
JAKARTA--Persaingan di pasar smarphone tampaknya akan semakin memanas, menyusul turun gunungnya sang pemain ponsel merek lokal, Nexian.
Mengincar para pengguna featurephone agar hijrah ke smartphone, hingga akhir tahun 2014 Nexian berencana menggelontorkan investasi hingga 40 juta dolar AS.
CFO Selular Group Arindam Chakrabarty optimistis Nexian bakal kembali merebut perhatian publik. ''Tahun ini kami mengincar pangsa pasar 10 persen,'' kata Arindam.
Arindam mengatatakan Nexian akan tampil beda dengan produk lain. Karena tak semata-mata menghadirkan smartphone ke publik. Ia akan didukung dengan berbagai layanan dan benefit lain untuk penggunanya.
Ia kemudian menunjuk layanan Nexian Messenger. Ia mengklaim aplikasi pesan instan ini cukup dikenal dan diminati pengguna Nexian.
Benefit lain adalah Nexian Cloud. Ia merupakan media penyimpan di dunia maya yang bisa diisi dengan berbagai file. Layanan gratis ini menyediakan space hingga 2 GB. ''Pengguna cukup masuk ke www.nexiancloud.com,' katanya.
Akses ke Nexian cloud disebutnya bisa dilakukan dengan perangkat beragam, baik smartphone, tablet maupun laptop dengan menggunakan aplikasi content hub. Data akan tersimpan secara aman, selamanya.
Kelebihan lain adalah proses sinkronisasi data dari perangkat dapat dilakukan secara real time. ''Nexian Cloud juga dapat melacak perangkat dari jarak jauh,'' kata Arindam.