REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel bersama Samsung Indonesia bersepakat untuk memperkuat kolaborasi dari sisi produk, aktivitas pemasaran dan program penjualan. Kedua perusahaan sepakat untuk memperluas kerjasama
Melalui kerjasama diharapkan mampu meningkatkan penetrasi smartphone di Indonesia yang selanjutnya dapat memperkaya pengalaman dan menambah kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan digital dan mobile data.
Head of Strategic Marketing Group Telkomsel, Ririn Widaryani menyatakan bahwa Samsung memiliki range produk yang sangat luas. ''Kami memiliki pelanggan yang sangat luas dan berbagai segmen,'' katanya. Ia berharap produk Samsung mampu mendorong pelanggan menggunakan smartphone.
Ririn menyatakan bahwa kerjasama dengan Samsung praktis akan menyentuk semua segmen pelanggan. Ihwal target ia hanya menyebut sebanyak-banyaknya. ''Kalau ditanya target saya ingin sebanyak mungkin,'' ujar Ririn.
Ririn membenarkan bahwa pihaknya akan mengembangkan ponsel Samsung khusus untuk Telkomsel. Untuk produk Samsung yang harganya dibawah Rp 2 juta.
Kerjasama antara Telkomsel dengan Samsung bukan sekadar kerjasama bundling sebagaimana banyak dilakukan selama ini. Telkomsel dan Samsung sepakat melakukan program Upgrade pelanggan Telkomsel yang masih menggunakan basic, feature dan smartphone lama atau smartphone non 3G
Samsung juga akan mengoperasikan Galaxy Station di Grapari Telkomsel terpilih dimana pelanggan bisa mengunduh aplikasi-aplikasi Digital Telkomsel dan Android secara offline di tempat ini. Kerjasama lain adalah integrasi carrier billing untuk Samsung apps store