Senin 16 Jun 2014 21:29 WIB

Mata-Matai Apple, Google Beli Perusahaan Citra Satelit

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Citra Listya Rini
Google.
Foto: Youtube.
Google.

REPUBLIKA.CO.ID, Google mengakuisisi perusahaan citra saletlit, Skybox, seharga 500 juta dolar AS, seperti yang diungkapkan Christoper Mims dari Business Insider, Senin (16/6).

Skybox ditahun 2016 rencananya akan mengambil foto bumi beresolusi tinggi dua kali sehari. Dimana foto tersebut untuk kebutuhan intelijensi. 

Di tahun 2010, seorang analis dari USB menemukan jika dirinya menangkap gambar citra satelit lokasi parking Wal-Mart. Dari foto ini dia bisa memprediksi angka penjualan perusahaan laporan hasil penjualan terungkap. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang.

Saat ini perusahaan juga tengah mengamati Foxconn demi mengukur kepadatan truk yang datang dari luar fasilitas pabrik di Taiwan. Pemantauan dilakukan ketika Apple dirumorkan tengah memproduksi iPhone generasi berikutnya.  

Lebih dari itu, Skybox bahkan mampu melihat seberapa banyak minyak yang dipompa keluar dari tanah Arab Saudi dari gambar penyimpanan minyak yang ditangkap dari atas. Perusahaan dapat mematok harga kemungkinan gandum setiap bulan dengan mengukur tingkat kesehatan lahan pertanian di muka bumi. 

Salah satu kota sudah menggunakan Skybox untuk mendata siapa saja yang membangun kolam di halaman belakang rumah secara ilegal juga menggunakannya untuk mengidentifikasi pelanggaran batas air selama musim kemarau. 

Jika benar Google mengakuisisi Skybox tentu ini menjadi ancaman yang serius bagi Apple. Dengan begitu Google memiliki kemampuan untuk mencari tahu produksi model berikutnya dari iPhone.

Bukan mustahil, Google bisa memanfaatkan data ini untuk berbagai kegiatan. Sebut saja, untuk pemasaran, diskon dan promosi untuk smartphone besutannya sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement