Jumat 13 Jun 2014 20:28 WIB

Google Fit Siap Tandingi HealthKit Apple

Rep: Niken Paramita/ Red: Agung Sasongko
Google Fit
Foto: Gizmodo.fr
Google Fit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seakan tak mau kalah dengan Apple, Google kini tengah menyiapkan platform pelacak kesehatannya sendiri untuk menyaingi HealthKit milik Apple. Platform yang diberi nama Google Kit ini akan mengumpulkan data dari berbagai aplikasi dan perangkat kesehatan populer sama seperti Apple.

Google Fit beroperasi melalui API terbuka yang memungkinkan aplikasi pelacak kesehatan dan berbagai pihak ketiga (third party) lainnya untuk berbagi informasi yang relevan. Salah satu sumber khusus menyebutkan Google Fit memungkinkan perangkat bisa berinteraksi dengan Google Cloud dan menjadi bagian dari ekosistem Google Fit.

Meski begitu, hingga saat ini Google belum mengkonfirmasi apakah Google Fit akan datang dengan aplikasi yang bisa di download atau bagian yang dibangun dari Android generasi berikutnya.  Platform ini menurut laman Trusted Review, Jumat (13/6) akan dikenalkan pada ajang Google I/O yang berlangsung pada 25-26 Juni mendatang.

Kehadiran platform baru ini diprediksi bakal menyedot perhatian di dunia teknologi, meski Google bukan satu-satunya pesaing Apple. Sebelumnya, Samsung juga sempat meluncurkan Samsung Sami, layanan yang sama seperti Google.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement