Rabu 11 Jun 2014 08:50 WIB

Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik Ramadhan dan Lebaran

Direktur Jaringan Telkomsel, Abdus Somad Arief
Direktur Jaringan Telkomsel, Abdus Somad Arief

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama Ramadhan dan Lebaran tahun 2014. Dari hasil pemantauan sementara di lapangan, kapasitas jaringan Telkomsel mampu menghandle lonjakan trafik komunikasi dimaksud.

Telkomsel sendiri pada Senin melakukan drive test jaringan di sepanjang jalur kereta api Jakarta-Semarang-Surabaya. '' Dari drive test terungkap jaringan kami tak terputus di sepanjang jalur kereta api,'' kata Direktur Network Tekomsel, Abdus Somad Arief, di Surabaya.

Asa--demikian nama panggilannya--, juga mengungkapkan bahwa disepanjang jalur itu tingkat keberhasilan panggilan mencapai 98 persen, atau diatas standar pemerintah sebesar 90 persen. ''Drop call atau panggilan terputus mencapai 1,68 persen, diatas standar pemerintah 5 peren,'' kata Asa.

Kualitas jaringan Telkomsel di jalur kereta api disebut Asa juga lebih baik dibandingkan standar industri telekomunikasi yang diterapkan Internasional Telecommunication Union. Misalnya call setup 7,6 detik dari standar 8,5 detik.

Dari drive test juga terungkap bahwa FTP atau kecepatan akses data bisa mencapai 832,6 Kbps. '' Angka ini diatas standar yang diharapkan yakni 128 Kbps,'' ujar Asa kemudian.

Memperhatikan hasil drive test Telkomsel, Asa optimistis bahwa jaringan Telkomsel siap menghadapi lonjakan trafik pada Ramadhan maupun Lebaran. ''Apalagi masih ada waktu cukup untuk melakukan perbaikan yang kurang,'' katanya.

Diminta komentarnya soal drive test di jalur kereta api apakah mencerminkan kondisi sesungguhnya di lapangan. Somad menyatakan bahwa drive test di jalur kereta api merupakan sebuah tantangan.

 ''Karena jalur kereta api sedikit penduduknya dan banyak menembus hutan. Kalau di kawasan yang penduduknya sedikit dan menembus hutan kualitas jaringan kami baik, diluar itu tentu akan lebih baik,'' kata Somad.

Di sepanjang jalur kereta api Jakarta-Semarang-Surabaya, Telkomsel memiliki 946 base transceiver station (BTS).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement