Senin 09 Jun 2014 16:06 WIB

Tahun Ini Telkomsel Tambah 14 Ribu BTS

 Salah satu BTS satelit Telkomsel di Jawa Timur.
Foto: Antara/Eric Ireng
Salah satu BTS satelit Telkomsel di Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel tengah melakukan optimalisasi jaringan dengan  menambah base  transceiver station (BTS) baru. Selain menambah BTS, Telkomsel juga melakukan up grade, engineeting  dan modernisasi jaringan.

"Tahun ini kami berencana menambah sekitar  14 ribu BTS baru,'' kata Direktur Network Telkomsel, Abdud Somad Arief, diatas KA Argobromo dalam perjalanan Jakarta-Surabaya, Senin (9/6). Hingga semester pertama tahun ini diperkirakan telah selesai sekitar 8.500 unit BTS baru.

BTS baru, kata Asa, sebagian besar dibangun di pulau Jawa. Komposisi Jawa dan luar Jawa adalah 60:40. Sebagian besar BTS baru adalah BTS 3G alias node B. '' 75 persen BTS baru adalah node B," kata Asa.

Selain melakukan pembangunan BTS baru juga dilakukan modernisasi BTS yang ada. Menurut Asa akan dilakukan modernisasi sekitar 5.500 BTS lama yang ada di luar Jawa. Modernisasi dimaksud untuk meningkatkan kapasitas dan layanan kepada pelanggan.

Telkomsel, kata Asa juga melakukan reengineering dan up grade sekitar 25 ribu BTS. ''Program ini diharapkan bisa tuntas tahun ini,'' kata Asa.

Ia optimistis program itu bisa berjalan lancar, apalagi pembangunan BTS baru tinggal sedikit. ''Kita punya banyak waktu untuk modernisasi, reenginering dan up grade BTS,'' katanya.

Telkomsel saat ini memiliki sekitar 76 ribu BTS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement