Senin 09 Jun 2014 15:57 WIB

Telkomsel Gelar Drive Test Jakarta-Surabaya

Drive test Telkomsel Jakarta-Surabaya
Drive test Telkomsel Jakarta-Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 2014, Telkomsel kembali melakukan drive test atau ujicoba jaringan antara Jakarta-Surabaya. Drive test dimaksudkan untuk memastikan performansi jaringan menghada[pi lonjakan trafik komunbikasi baik pada Ramadhan maupun Idyl Fitri.

Direktut Network Telkomsel, Abdus Somad Arief yang memimpin Drive Test menyatakan bahwa, ujicoba jaringan merupakan kegiatan yang rutin dilakukan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. ''Ini merupakan wujud dari komitmen kami memberikan layanan yang berorientasi pada quality of service,'' kata Asa kepada wartawan diatas KA Argobromo.

Asa mengemukakan bahwa meningkatnya kebutuhan komunikasi telah mendorong peningkatan trafik komunikasi. Semester pertama tahun ini Telkomsel mencatat kenaikan trafik komunikasi hingga 147 persen dibandingkan tahun lalu.

Asa memprediksi, kenaikan lebih tinggi akan terjadi pada Ramadhan dan Idul Fitri. " Kenaikan konsumsi data bisa mencapai 170 persen dibandingkan dengan konsumsi data tahun lalu,'' katanya  memberi ilustrasi.

Ihwal Ramadhan dan Idul Fitri, Asa mengaku akan memberikan perhatian khusus pada 720 titik di seluruh Indonesia yang diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik komunikasi yang siugnifikan." akan terjadi kenaikan trafik komunikasi pada semua layanan,'' papar Asa.

Dia mem[erkirakan akan terjadi kenaikan trafik voice antara 0-5 persen, kenaikan sekitar 10-15 persen untuk layanan sms, serta  kenaikan hingga 25-35 persen untuk layanan data dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Mengantisipasi lonajakan  Telkomsel akan menerapkan visitor location register atau menyediakan  kecukupan kapasitas daya tampung  ''Untuk jalur utama mudik luar Jawa disediakan kelonggaran 20-40 persen, Jawa Barat 45 persen, sementara Jateng dan Jatim 55 persen,'' ujar Asa.

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement