REPUBLIKA.CO.ID,PT XL Axiata Tbk meningkatkan kualitas jaringan di Madura. Di Wilayah ini,XL akan membangun 125 BTS 3G hingga akhir tahun 2014 untuk memenuhi tuntutan pelanggan atas kualitas layanan, selain juga terus meningkatnya trafik layanan data.
VP East Region XL, Titus Dondi mengatakan Madura daerah special bagi XL karena selama bertahun-tahun XL menjadi nomor satu di pulau ini. ''Tentu saja kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Madura kepada XL. Untuk itu, kami berkomitmen kuat untuk menyediakan jaringan dan layanan terbaik bagi pelanggan di Madura,” kata Titus.
Titus menambahkan, saat ini di Madura XL telah memiliki 273 BTS 2G dan 148 BTS 3G. Jaringan XL telah menjangkau seluruh kabupaten, total lebih dari 90% area di Madura telah terjangkau layanan XL. Jumlah pelanggan XL di Madura telah mencapai 1,3 juta, dengan sekitar 25%-nya merupakan pelanggan layanan data.
Menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini, XL juga akan mengantisipasi lonjakan trafik seluruh layanan di Madura dan Jawa Timur pada umumnya. Khusus Madura, peningkatan trafik bisa mencapai lebih dari 40 persen dibandingkan trafik hari normal. Hal ini bisa terjadi karena Madura merupakan salah satu daerah utama tujuan mudik, selain juga masyarakat Madura merupakan masyarakat Muslim.
Guna meningkatkan loyalitas pelanggan di Madura, XL juga telah meluncurkan program Zuleha (Isi ulang oleh hadiah atau isi ulang dapat hadiah) dan Pet151 Rhoma (Paket 151 Rebut Hadiah Outlet PT. Tema). Program Zuleha memberikan hadiah utama kambing bagi pelanggan yang yang isi ulang atau membeli paket voice/internet/BB minimal 25ribu.
Sementara itu, untuk program Pet151 Rhoma adalah reward untuk outlet yang melakukan transaksi paket melalui UMB 151. Program yang telah diluncurkan sejak Februari 2014 ini, telah mampu mendorong peningkatan penggunaan layanan XL oleh pelanggan di Madura.
Sementara itu, untuk Jawa Timur secara keseluruhan, tahun 2014 ini XL akan membangun 125 BTS. Sementara itu jumlah pelanggan XL di seluruh Jawa Timur mencapai 7,2 juta, atau 63 % dari total pelanggan east region. Pada saat Ramadan dan Lebaran diprediksi akan terjadi peningkatan trafik layanan rata-rata hingga 20% di seluruh Jawa Timur, sebagai daerah tujuan mudik. Untuk itu, XL telah menyiapkan sejumlah antisipasi untuk menghadapi kemungkinan lonjakan trafik tersebut, antara lain dengan meningkatkan kapasitas jaringan.