Sabtu 07 Jun 2014 08:29 WIB

Jejak Planet Lain Ditemukan di Bulan

Bulan
Foto: en.wikipedia.org
Bulan

REPUBLIKA.CO.ID, GOTTINGEN -- Peneliti menemukan bukti adanya sesuatu yang jatuh ke bumi miliaran tahun yang lalu dan membentuk bulan. Analisa dari bebatuan bulan yang dibawa kembali oleh para astronot Apollo menunjukkan jejak dari 'planet' yang disebut Theia.

Menurut peneliti utama dari Universitas Goettingen, Dr Daniel Herwartz, seperti dilansir BBC, Jumat (6/6), hingga kini belum ditemukan bukti-bukti definitif tentang teori tersebut. Para peneliti berpendapat penemuan mereka menegaskan teori bahwa bulan diciptakan oleh sebuah tabrakan dahsyat.Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Science.

Teori yang berlaku sejak 1980-an adalah bulan muncul sebagai hasil dari tabrakan antara bumi dan Theia sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Theia dinamai dari dewi dalam mitologi Yunani yang mengatakan Theia adalah ibu Selene, dewi bulan.

Ia diperkirakan telah hancur dan menghasilkan puing-puing yang berbaur dengan bumi dan melebur menjadi bulan. Ini adalah penjelasan yang paling sederhana atas pembentukan bulan dan cocok dengan penghitungan komputer. Kelemahan utama teori ini tidak ada yang pernah menemukan bukti dari Theia dalam sampel batuan bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement