Rabu 04 Jun 2014 18:09 WIB

Akhirnya, Samsung Rilis Ponsel Berplatform Tizen

Rep: mgrol22/ Red: Agung Sasongko
Samsung
Foto: Antara
Samsung

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL --  Samsung Electronics Co Ltd, berencana meluncurkan ponsel pintar pertama yang berbasis sistem operasi Tizen. Ponsel yang akan menggunakan sistem operasi tersebut dinamakan Samsung Z.

Sebelumnya Samsung telah menggunakan sistem operasi ini pada kamera dan jam tangan pintarnya. Namun, perusahaan asal Korea ini terus mengembangkan bisnis elektroniknya dengan memanfaatkan sistem operasi ini pada ponsel pintarnya.

Dilansir Reuters, Senin (2/6), sebagian besar semua perangkat mobile Samsung didasarkan pada platform Google Android. Namun, munculnya dorongan untuk mengembangkan sistem operasi ini sekaligus sebagai upaya Samsung untuk mengurangi ketergantungannya pada Google.

Analis Singapura yang berbasis di Canalys Rachel Lashford mengatakan, yang perlu diperhatikan Samsung adalah, Tizen belum punya ekosistem aplikasi yang besar seperti Android. Hal ini dinilai akan sulit bagi Samsung dan para pendukung sistem operasi Tizen.

Namun Samsung segera buktikan semua nya dengan menggelar konferensi pengembang aplikasi Tizen di San Francisco, California, AS, Selasa (3/6). Rencananya, ponsel dengan layar high-definition 4,8 inci dan terdapat fitur pemindai sidik jari ini akan dipasarkan pada kuartal ketiga 2014 di Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement