Jumat 23 May 2014 14:33 WIB

Apple Cabut Permainan Menanam Ganja 'Weed Firm'

Weed Firm
Weed Firm

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple memutuskan mencabut game yang tengah naik daun 'Weed Firm' dari App Store. Permainan menanam dan jual beli ganja vitual itu dicabut setelah menjadi aplikasi paling banyak diunduh di toko aplikasi untuk perangkat iOS.

"Ini sepenuhnya keputusan Apple, bukan kami," ungkap pengembang game Firm Weed, Manitoba Games, dalam situs resminya dikutip Mashable, Jumat (23/5).

Weed Firm adalah game khusus dewasa yang menjadikan tanaman ganja sebagai objek utama dalam permainannya. Game ini mengajak pengguna memainkan karakter bernama Ted Growing, siswa jurusan biologi yang memiliki ladang ganja. Tantangan dalam permainan ini adalah bagaimana pengguna membantu Ted menumbuhkan tanaman ganja lebih cepat, mengatasi konflik dengan polisi dan preman, sekaligus memikat pembeli.

Weed Firm bukanlah satu-satunya game di AppStore yang mengusung tema ganja. Beberapa game sejenis, misalnya Weed Tycoon dan The Weed Game, hingga kini juga masih dapat ditemukan di toko aplikasi tersebut.

Manitoba Games melihat ada alasan khusus kenapa game buatan mereka dicabut:

"Kami rasa masalahnya adalah permainan ini  terlalu bagus dan menjadi nomor satu di semua kategori...Masih banyak aplikasi 'berbasis ganja' yang bisa ditemukan hingga kini, begitu juga dengan game lain yang mempromosikan 'aktivitas ilegal' seperti menembak orang, menabrakan mobil, serta melemparkan burung ke gedung."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement