Jumat 16 May 2014 06:06 WIB

'iPad Mini' Murah dari Xiaomi

Mi Pad.
Foto: Mashable
Mi Pad.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Produsen smartphone asal Cina Xiaomi baru saja meluncurkan perangkat tablet pertama mereka di Beijing, Kamis (15/5). Namanya Mi Pad. Melongok desain dan spesifikasinya, tablet ini nyaris menyerupai iPad Mini dengan retina display. Hanya saja, harganya jauh lebih murah dari produk Apple Inc. tersebut.

Sebagai pembanding, iPad Mini retina display berkapasitas 16 GB dibanderol mulai 399 dolar AS. Mi Pad dengan kapasitas sama 'hanya' dijual 240 dolar AS. Harga itu bahkan masih lebih murah dari iPad mini standar (non-retina display).

Desain Mi Pad terlihat seperti perpaduan iPad mini dan iPhone 5C. Meski begitu tablet ini lebih tebal (0,33 inci) dan berat (12,7 ons) dari iPad mini. Bagian belakangnya terbuat dari plastik. Ia juga memiliki pilihan warna cangkang beragam, di antaranya, merah jambu, biru, kuning terang, abu-abu dan putih.

Mi Pad memiliki bentang layar 7,9 inci dengan aspek rasio 4:3 dan resolusi 2,048 x 1536. Sistem operasi yang digunakan Android versi 4.4.2 , namun dengan antarmuka mirip iOS 7.

Ia sudah dibekali prosesor quad-core Nvidia Tegra K1, RAM 2GB, kamera belakang 8 megapiksel, dan kamera depan 5 megapiksel. Baterainya berkapasitas 6,700 milliamp per jam (mAh). Mi Pad tersedia dalam dua versi, 16GB dan 64GB.

Situs berita teknologi Cnet menyebut Mi Pad sebagai produk yang berpotensi menuai sukses, apalagi perusahaan pembuatnya kini sedang naik daun. Xiaomi berdiri pada 2010 dan dalam waktu singkat berhasil menjadi perusahaan smartphone terbesar ketiga di Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement