REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) bekerja sama dengan tiga operator telepon seluler yaitu Telkom, XL, serta Indosat, di Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat. Kerja sama tersebut dalam melakukan top up atau pengisian ulang Kartu Multi Trip (KTM) melalui e-Money masing-masing operator.
Seperti Indosat mempunyai Dompetku, XL dengan XL Tunainya, serta Telkom lewat T-Moneynya. Akan tetapi, dalam pengisian ulang (top-up) para pengguna wajib memasukkan 16 digit nomor kartu yang tertera di bagian belakang KMT. Menurut Makmur Syaheran Direktur Komersial PT Commuter Setelah melakukan top up untuk KMT, pengguna akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp 2500 dan untuk Single trip Rp 350 untuk satu kali pengisian, Kamis (17/4).
Makmur juga menjelaskan, untuk cara pengisian saldo, masing-masing provider memiliki cara yang berbeda. Untuk Indosat *789*2#, XL *123*120#. Sedangkan untuk Telkom harus menggunakan software T-Money yang bisa diunduh melalui google play atau playstore secara gratis.
"Isi ulang saldo tiket langganan semudah isi pulsa. Setelah didaftarkan lewat telepon seluler, kemudian KMT di top-up melalui Vending Machine," kata Makmur.
Saat ini, kata Makmur, penumpang kereta komuter mencapai 600000 orang per hari. Sekitar 450 ribu merupakan pengguna KRL sudah menggunakan tiket berlangganan KMT. Sementara sisanya sekitar 160 ribu menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) dan dengan tiket biasa. Makmur mengaku saat ini Vending Machine baru ada di tiga stasiun yaitu Sudirman, Bogor, dan Jakarta Kota. Namun, rencananya 20 stasiun akan dipasang mesin tersebut.
Adapun cara menggunakan e-Money pertama pelanggan operator diharuskan mengaktifkan layanan e-Money atau uang elektronik. Kemudian untuk aktivasi uang elektronik bisa menghubungi tiap-tiap operator atau mendatangi gerai mereka. Setelah aktif, untuk Indosat di kode *789*2#, dan untuk XL bisa melalui *123*120#. Sedangkan pengguna Telkom harus mengunduh aplikasi T-Money di Playstore atau Google Play dan ikuti instruksi yang ada.
Setelah semua tahap tersebut selesai pelanggan diminta memasukan 16 digit kode kartu langganan. Terakhir pelanggan tinggal mengunjungi Vending Machine di stasiun untuk konfirmasi tiket. Jika dalam jangka waktu 24 jam penumpang belum melakukan konfirmasi, uang akan direfund ke e-money masing-masing.