Jumat 04 Apr 2014 02:51 WIB

Wah, Kabel USB Ganti Desain

Rep: Nora Azizah/ Red: Julkifli Marbun
Hard disk eksternal WD My Passport Ultra menggunakan koneksi USB 3.0.
Foto: Antara
Hard disk eksternal WD My Passport Ultra menggunakan koneksi USB 3.0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Desain kabel USB mengalami reversible atau perubahan desain. Sebuah desain baru tengah dipamerkan untuk USB.

Sebuah media teknologi The Verge seperti dilansir dari BBC News, Kamis (3/4), memperlihatkan desain kabel USB tersebut untuk pertama kali.

The USB Implementers Forum sudah mengantisipasi desain baru ini. Kabarnya, USB akan selesai pada Juli mendatang.

Namun peluncurannya akan dilakukan secara bertahap. Sebab saat ini masih mencari produsen yang ingin memasukkan produk ini dalam bisnis mereka.

Kabel yang mengoneksikan data antar perangkat elektronik ini mengubah desain menjadi lebih sederhana.

USB desain baru ini hampir menyerupai desain kabel mirip Apple. Sebab dalam desainnya menggunakan Apple Lightening Port standar type C terbaru. Jenis ini serupa dengan ukuran konektor micro USB saat ini yang biasa digunakan untuk charging ponsel atau kamera.

Fasilitas yang dimiliki USB desain baru ini terletak pada pengisian daya scalable. Dengan kabel jenis ini memungkinkan untuk menawarkan pengisian daya hingga 100 watt.

Kecepatan transfer hingga 10 gigabit per detik. Lebih cepat dua kali lipat dengan USB yang beredar saat ini. Namun desain baru ini masih akan terus diupgrade perkembangannya.

USB pertama kali dirilis pada pertengahan tahun 90-an. Sejak dirilis hingga sekarang, USB hanya bisa dihubungkan ke komputer atau perangkat lain sejenis PC. Dengan desain baru ini, USB dirancang agar bisa mengoneksikan perangkat elektronik di luar komputer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement