Sabtu 22 Mar 2014 12:32 WIB

Iran Bangun Kapal Induk, AS 'Ledek' Hanya Tongkang

Kapal Induk Iran (kanan)
Foto: cnn.com
Kapal Induk Iran (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran melakukan berbagai cara untuk melindungi negara dan kedaulatan mereka.

Pada Oktober tahun lalu, salah satu pemimpin Angkatan Laut Iran Admiral Habibollah Sayyari mengklaim negaranya mampu membangun kapal induk untuk memperkuat kekuatan maritimnya.

Dikutip Fars News Agency, Sayyari mengatakan, "Negara kami memiliki kemampuan dan kapasitas untuk membangun kapal induk."

Sebagai negara produsen minyak, Iran agaknya merasa perlu Angkatan Laut yang kuat untuk mengamankan kapal-kapal tanker mereka mengirimkan minyak ke konsumen di berbagai negara.

Mimpi itu nampaknya mulai nyata. Sebuah gambar citra satelit menunjukkan adanya pembangunan diduga kapal induk di Pelabuhan Bandar Abbas.

Menurut AFP dikutip dari Yahoo! kapal induk itu mirip dengan kapal induk kelas Nimitz buatan Amerika Serikat, dan ini membuat pihak AS bertanya mengapa Iran membangun apa yang mereka sebut tongkang itu. AS melihat ini sebagai maket (mock-up) saja.

"Mereka membangun tongkang dan menyusun beberapa konstruksi kayu di atasnya agar terlihat seperti USS Nimitz. Hanya itu yang kami tahu pasti," kata seorang pejabat pertahanan AS yang tidak ingin disebut namanya kepada AFP, Sabtu (22/3).

Beberapa negara saat ini sedang membangun kapal induk atau kapal pengangkut helikopter/pesawat takeoff vertikal untuk memperkuat angkatan lautnya. Di antaranya adalah India, Cina, Jepang, Korea Selatan, Australia, Brasil dan bahkan negara mini seperti Singapura.

Sampai saat ini belum ada keterangan dari Iran apakah citra satelit itu valid atau apakah memang Iran sedang membangun kapal induk atau tongkang saja.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement