Senin 17 Mar 2014 02:18 WIB

Perkembagan Internet Bikin Privasi Jadi Barang Mahal

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Citra Listya Rini
Internet
Foto: alarabiya
Internet

REPUBLIKA.CO.ID, Internet boleh dibilang menjadi bagian dari kehidupan manusia saat ini dan masa depan. Terbukti internet ada dimana-mana meski terkadang tidak terlihat.

Setidaknya itulah gambaran yang diberikan para peneliti dalam sebuah survei terbaru yang dilakukan Pew Research Center Internet Project. Survei tersebut dilakukan untuk memperingati 25 tahun terciptanya World Wide Web.

Sebanyak 1.867 pakar di bidang privasi, teknologi dan keamanan siber menjawabb survei mengenai apa jadinya internet pada 2025. Sebagian besar setuju internet akan menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari dan teknologi menjadi norma.

Namun, mereka juga menilai ada bahaya mengintai. Beberapa pakar khawatir internet akan memicu ketidaksetaraan. Lainnya percaya privasi akan menjadi barang mahal yang hanya dimiliki orang kaya. Pada 2025, pemerintah dan perusahaan akan memperkuat pengawasan dan kontrol sosial mereka. 

"Rasanya seperti ada lebih banyak kepastian dalam komunitas ahli tentang arah perubahan teknologi. hampir semua orang akan menggunakan kecerdasan buatan dan lebih banyak perkembangan perangkat Internet yang bisa dipakai, seperti Google Glass," kata Direktur Pew Research Center Internet Project Lee Rainie kepada Live Science.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement