Selasa 25 Feb 2014 10:12 WIB

Telkomsel Incar 1 Juta Pelanggan NonHuman

Pelanggan Telkomsel
Pelanggan Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel makin serius saja menggarap segmen non human melalui layanan machine to machine (M2M). Menggandeng Jasper, dari layanan ini ditargetkan mampu mengkoneksikan 1 juta perangkat dan 100 ribu solusi.

''Pasar layanan M2M cukup besar. Namun belum banyak yang paham, kami harus melakukan edukasi mengenai layanan ini,'' kata Alfian Manullang, GM Enterprise Bussines dan Bussines Development Telkomsel. Telkomsel sendiri telah mengkoneksikan sekitar 350 ribu perangkat untuk layanan M2M ini.

Pada tahun 2014 potensi pasar M2M di Indonesia diperkirakan 4,7 juta koneksi seluler. Jumlah itu akan meningkat lagi menjadi 20,9 juta pada tahun 2020.

Layanan M2M yang telah dikembangkan Telkomsel antara lain EDC over data, mobile tracking, telemetri, point of sales dan SFA. ''Layanan akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Pada dasarnya kami siap dengan solusi sesuai kebutuhan pelanggan,'' kata Alfian.

Telkomsel, kata Alfian, fokus pada system integrator dan enterprise customer dengan fokus pada tiga industri vertikal yakni transportasi dam logistik, finansial dan perbankan serta utilities. ''Tiga segmen ini dulu yang akan kita garap,'' ujar Alfian.

Untuk pengembangan M2M Telkomsel antara lain menjalin kerjasama dengan Jasper, salah satu pengembang aplikasi dan solusi berbasis wireless global. Menurut Manullang, kerja sama ini on board mulai April tahun ini. Dengan kerja sama itu Telkomsel disebutnya mampu menyediakan total solution.

 

Implementasi dari layanan ini antara lain telematika kendaraan, consumer electronic, kesehatan, point of sale, pelacakan armada, pemantauan aset, energi dan telemetri. ''Kami juga melakukan ujicoba pemantauan ketinggian air di bendungan. Dengan pemantauan publik bisa melakukan antisipasi kemungkinan terjadi banjir,'' kata Alfian memberi contoh.

Tentang pengembangan M2M sendiri, Alfian menyatakan bahwa semua konektivitas layanan saat ini telah bertransformasi. Jika semua hanya layanan dasar seperti voice, sms dan data, kini telah berkembang dan meluas menjadi layanan solusi. Baik berupa solusi bisnis, konsultasi, aplikasi telematik dan lainnnya berbasis teknologi cerdas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement