Selasa 18 Feb 2014 16:43 WIB

Ponsel Android Nokia Dirilis April?

Nokia 'Normandy'
Foto: evleaks
Nokia 'Normandy'

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar mengenai peluncuran smartphone Android Nokia nampaknya semakin dekat menjadi kenyataan.

Laman BGR, Senin (17/2) melaporkan perusahaan Finlandia itu kabarnya sudah mengirimkan sampel smartphone bernama sandi Normandy ke pengembang aplikasi di India. Nokia juga bahkan disebut menyertakan materi pemasaran yang berisi tanggal peluncurannya. Kabar yang beredar smartphone Android pertama Nokia itu diluncurkan pada awal April mendatang.

Normandy atau Nokia X--nama yang mungkin akan digunakan saat peluncuran--,akan menjalankan Android versi AOSP, merupakan versi open source Android yang bisa digunakan oleh semua orang. Namun, Nokia tidak akan menyertakan layanan-layanan Google dalam smartphone-nya tersebut, dan telah membangun sendiri toko aplikasi untuk platform itu yang akan dinamai Asha on Linux (AoL).

Untuk itu, Nokia baru-baru ini memulai pengiriman smartphone tersebut ke pengembang-pengembang aplikasi utama di India untuk mengisi toko aplikasinya.

Sejumlah sumber kepada BGR India mengatakan, Nokia sedang dalam upaya mendapatkan 100 aplikasi utama di Play store dan App Store untuk dikembangkan ke dalam platform-nya serta untuk mengisi AoL.

Beberapa pengembang yang sudah menerima smartphone Android dari Nokia kepada BGR India mengatakan, pengembangan aplikasi ke dalam konfigurasi untuk AoL sangatlah mudah dan tidak membutuhkan perubahan besar.

"Ini hanya tentang pengembang memastikan tidak ada layanan-layanan Google tersedia dalam aplikasi itu," kata seorang pengembang kepada BGR India.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement