Selasa 11 Feb 2014 08:22 WIB

Mau Tahu Arti 'i' di Smartphone Anda? Ini Jawabannya

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Bilal Ramadhan
Smartphone. Ilustrasi.
Foto: blog.inpolis.com
Smartphone. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tak kenal dengan iPhone, iPod dan iPad? Jajaran produk  besutan perusahaan asal Cupertino, Apple, ini boleh jadi pemimpin teknologi dikelasnya. Tapi tahukah Anda arti "i" pada ketiga produk tersebut ketika Aplle meluncurkannya pertama kali?

Semuanya dimulai sekitar tahun 1997. Saat itu Steve Jobs memilih mendirikan Apple setelah dari NeXT Computer dengan menggenggam misi besar. Namun, enam bulan kemudian Apple justru bangkrut dan mengacaukan semua yang sudah terbentuk di Cupertino. Jobs kemudian memberhentikan sebagian produk dan karyawannya untuk kembali fokus pada usahanya. Yang tersisa saat itu hanya dua lini produk, Power PC dan keluarga Mac. Jobs harus memilih salah satu diantaranya untuk dipasangkan chip sebagai otak kerjanya.

Dan Jobs menjatuhkan pilihannya pada keluarga Mac. Sebagai kapal baru, Mac datang dengan konektor Universal Serial Bus (USB) dan secara mengejutkan meninggalkan floppy drive 3.5 inci kala itu. Sebagai gantinya Jobs menghadirkan CD-Rom Drive. Selain itu, Jobs memiliki visi yang sangat berbeda soal penampilan dan desain, Jobs memberikan warna yang menarik dan kesan yang lebih hidup. Pendekatan visioner inilah yang kemudian menjadi merek dagang Apple.

"Kami pertaruhkan perusahaan pada komputer ini," kata Jobs yang dilansir Phone Arena, Selasa (11/2). "Ini membutuhkan nama besar".

Setelah merumuskan produk yang tepat, Jobs memikirkan nama yang tepat atas produknya. Dengan kreatifitasnya, Jobs mencetuskan nama MacMan. Beruntung bukan hanya Jobs yang terlibat dalam proses ini saat itu. Ken Segall bergabung bersama Jobs setelah dari NeXT. Segall dan timnya terkejut dengan nama pilihan Jobs. Setelah diyakini Segall, Jobs akhirnya setuju dengan nama baru yang digagas: iMac. 

"Ini adalah Mac yang bertenaga, sehingga bisa melakukan banyak hal. Yang pertama dan utama, Mac akan membawa Anda ke internet dalam waktu 10 menit, bahkan jika Anda belum menggunakan komputer sebelumnya."

Dari sinilah "i" disemua produk Apple berasal: "i" untuk internet, fitur baru yang paling penting dari iMac.

Nama sederhana ini dianggap sebagai nama yang tepat mewakili filososi "think different" dari ide-ide Apple. Bagi mereka, "i" juga berdiri untuk hal-hal yang berbeda seperti individu dan imajinasi.

Ini adalah nilai-nilai inti Apple yang dibangun di atas nama iPod, iPhone dan iPad saat ini. Kita juga melihat iWatch, dan banyak iDevices lain, tetapi nilai-nilai di balik produk tersebut tampaknya tetap menjadi prioritas bagi Apple, bukankah begitu?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement