Kamis 30 Jan 2014 09:15 WIB

Lenovo Akan Akuisisi Motorola dari Google

Rep: muthia ramadhani/ Red: Taufik Rachman
Motorola
Foto: Reuters
Motorola

REPUBLIKA.CO.ID,SAN FRANSISCO -- Lenovo Grup setuju untuk membeli Divisi Handset Motorola di Google Inc sebesar 2,91 miliar dolar AS. Ini merupakan kesepakatan terbesar yang pernah dibuat perusahaan dan dinilai sangat kompetitif untuk menyaingi pasar yang kini didominasi Apple Inc.

Dalam pekan yang sama, Lenovo juga mengumumkan rencana besarnya di pasar komputasi global. Perusahaan ini juga membeli low-end bisnis server IBM senilai 2,3 miliar dolar AS.

Dilansir dari Reuters, Kamis (30/1), Google membayar 12,5 miliar dolar AS untuk Motorola pada 2012. Saham Google naik 2,6 persen menjadi 1.136 dolar AS. Chief Executive Officer Google, Larry Page mengatakan bahwa Google akan lebih baik fokus melayani perangkat lunak smartphone dibandingkan perangkat lainnya.

Transaksi yang dilakukan Google dan Lenovo ini akan menyaingi pasar Apple dan Samsung. Analis Forrester Research, Frank Gillet mengatakan Lenovo ke depannya akan menggunakan Motorola dan IBM ThinkPad untuk mendapatkan kredibilitas dan akses yang cepat ke pasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement