Rabu 22 Jan 2014 01:33 WIB

Tak Selamanya Pengguna Smartphone Antisosial

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Hazliansyah
Smartphone. Ilustrasi.
Foto: alextheinformer
Smartphone. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Banyak yang bilang kecanduan smartphone menyebabkan seseorang menjadi penggunanya jadi pribadi yang antisosial. Pepatah ini memang tidak sepenuhnya salah, tapi sebuah studi baru menujukkan tidak selamanya pengguna smartphone tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Di tahun 2008, Keith Hampton memulai studinya untuk membuktikan argumen ini. Untuk memulai studinya, Hampton meletakan sebuah kamera di tempat-tempat umum seperti di Taman Bryant New York dan Museum Seni Metropolitan. Setelah mengamati selama ribuan jam, Hampton dan timnya menemukan seseorang jarang menggunakan smartphone jika sedang berkelompok.

Dikutip dari Phone Arena (21/1), kebanyakan pengguna smartphone menggunakan ponsel pintarnya ketika sedang sendiri dan menghabiskan waktu ketika menunggu seseorang.

Mereka menggunakan waktunya tidak hanya untuk bermain games, mereka juga berinteraksi dengan orang lain dari jarak jauh melalui email, teks, pesan, atau jaringan sosial. Jadi meski dalam video mereka terlihat sendirian, mereka masih terlibat dalam sebuah kegiatan "sosial". 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement