Senin 20 Jan 2014 17:42 WIB

Pembobol Data Juga Targetkan Karyawan

Hacker beraksi (Ilustrasi)
Hacker beraksi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembobolan data perusahaan melalui Internet kini tidak menargetkan situs milik korporasi saja. Kelemahan akun individu karyawan juga sering dijadikan jembatan untuk menemukan data-data rahasia tempat mereka bekerja.

"Jalan masuk attack (serangan) data mobile bukan hanya kepada situs perusahaan tapi individu. Saat orang itu beraktivitas, misalnya ketika dia masuk tempat santai, dia bisa terkena serangan, dan secara tidak sengaja dia membawa serangan itu ke ke kantor," kata konsultan prapenjualan Trend Micro, Fransiskus Indromojo, mengenai ancaman serangan data Internet 2014 di Jakarta, Senin (20/1).

Dia mengatakan, lemahnya penjagaan keamanan Internet pada akun karyawan dikhawatirkan menjadi saluran bagi para pembobol data untuk meraup keuntungan finansial yang berlimpah dari perusahaan itu.

     

Menurut Fransiskus, jika pada tahun-tahun sebelumnya, pembobol data banyak bertujuan sekedar mencari eksistensi, kini para "bad guys" itu juga mengincar keuntungan finansial.

  

"Maka itu, 'mindset'-nya harus diubah. Kita harus berpikir bahwa semuanya tidak aman baik perusahaan maupun individu, untuk meningkatkan penjagaan. Perusahaan juga harus meningkatkan kualitas program keamanannya," ujar dia.

  

Selain itu, sumber daya keamanan daya internet baik teknologi maupun tenaga ahli di Indonesia harus ditingkatkan baik dari kualitas maupun kuantitas, kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement